Selasa, 14 Februari 2012

BAGAIMANA CARA MERESENSI BUKU ?


BAGAIMANA CARA MERESENSI BUKU ?
Judul : Dasar-dasar meresensi buku
Pengarang : Daniel Samad
Penerbit : PT.Grasindo. 1997

Hal : i-Xii, 83 hal.
Buku ini saya pilih sebagai langkah awal dalam meresensi buku-buku selanjutnya. Sesuai dengan nama judulnya, buku ini merupakan petunjuk praktis dan ringkas cara meresensi sebuah buku.
Buku ini terdiri dari 5 bab. Bab 1 berisi berisi definisi, tujuan, kelebihan meresensi, struktur resensi. Bab 2 berisi cara membuat pembukaan (lead) beserta contoh-contohnya. Bab 3 berisi cara merumuskan isi. Bab 4 berisi cara mengakhiri resensi dan bab 5 meresensi buku sastra.
Resensi berasal dari kata revidere, recensere atau review yang berarti melihat kembali, menimbang atau menilai. Ada 3 klasifikasi garapan resensi yaitu buku, pementasan seni dan pameran seni.
Paling tidak ada 5 tujuan resensi yaitu : (1) informasi atau pemahaman yang komprehensif, (2) mengajak pembaca mendiskusikan problem yang muncul dalam sebuah buku (3) memberikan pertimbangan, (4) menjawab pertanyaan buku yang baru terbit missal : siapa pengarang, mengapa ia menulis dsb, (5) membimbing memilih buku, catatan untuk pembaca yang tidak memiliki waktu yang cukup
Kelebihan resensi adalah (1) tidak basi, (2) menambah wawasan ,(3) keuntungan financial.
Struktur resensi buku terdiri dari judul, data buku, pendahuluan, isi pernyataan, penutup.
Pembukaan (lead) dapat dimulai dengan beberapa hal antara lain; pengarang, kekhasan pengarang, keunikan buku, tema buku, kelemahan buku, kesan, penerbit, pertanyaan dan dialog.
Isi resensi dapata berupa : synopsis, mengulas keunggulan /lkelemahan buku, kerangka buku, bahasa dan kualitas cetakan
Dalam mengakhiri resensi dapat berupa sasaran akhir kelompok pembaca yang dituju.
Buku ini cukup baik dilengkapi dengan ilustrasi gambar dan kata-kata yang menarik. Penjelasan dan contoh-contoh juga cukup memadai. Bahasa yang lugas. Kelemahan terletak pada bab 4, dimana cara mengakhiri digabung dengan cara atau hal yang dilakukan dalam membuat resensi sehingga terkesan agak membingungkan. Secara umum buku ini dapat dijadikan panduan dalam membuat resensi buku-buku.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar